Login

Mendapatkan stempel organik

Organik

Joko Sutrisno - 31 Oktober 2018 12:00:00

Jawa Tengah

Nderek kenal dulur, saya punya kebun sayuran dan cita cita saya bisa jualan pake stempel organik kayak yang di mall itu bisa gak ya?

admin

admin - 31 Oktober 2018 12:39:07

Jawa Tengah

Salam kenal pak, wah bisa banget itu. Kebetulan saya pernah jadi auditor organik. Jadi prinsipnya semua produk pertanian bisa menggunakan stempel organik asalkan dibudidayakan tanpa menggunakan bahan kimia baik pupuknya ataupun herbisida pestisidanya. Sebelumnya bapak sudah tergabung dalam kelompok tani belum? Kalo sudah tinggal seluruh anggota kelompok diajak untuk serta berbudidaya organik kemudian minta kepada lembaga sertifikasi organik (buka internet cari nama lembaga sertifikasi organik) untuk dilakukan pemeriksaan. Jika lolos maka bapak dan temen temen bisa pake stempel organiknya, kalo ndak lolos ya diperbaiki sampai sesuai standar yang ditetapkan. Ingat ya pak, kunci pertanian organik itu pertama tidak menggunakan pupuk, herbisida, perstisida, insektisida, dll yang berbahan kimia. Untuk kebun sejenis sayuran minimal 2 tahun tidak menggunakan bahan kimia, baru bisa disebut sebagai organik. Kedua, berkelompok selain memudahkan dalam melakukan pengawasan juga memperingan biaya pemeriksaannya pak (bisa ditanggung bareng biayanya) he,,he,,he,,,. Semoga bermanfaat ya !!!!

Tugimin

Tugimin - 14 November 2018 23:22:07

Maluku

Mas kalau mau mendapatkan stempel organik gampang kok..!! tinggal datang ke tukang bikin stempel terus minta buatkan stempel organik.. langsung deh jadi.. kadang bisa ditunggu juga lho..

Kalau mendapatkan label organik untuk produk pertanian kita.. lha itu dia..!! mari kita belajar bersama.. hehe.. (SPO - Salam Petani Online).