Hama

Solichun

Solichun - 26 Februari 2019 17:16:34 Kab. Kendal, Jawa Tengah

Bagaimana cara membasmi tumor pada bibit sengon? Sengon sudah ditanam, selalu muncul tumornya, typ dibuang tumbuh lg

Adhitya Hadi

Adhitya Hadi - 07:30:00 Kab. Boyolali, Jawa Tengah

Pak Solichun, kalau saran saya, bekas wiwilan tumor jangan dibuang pak.. tumor itu semacam jamur jadi kalau dibuang justru akan menyebar kemana-mana.. kalau bisa dipendam didalam tanah.

Pak Solichun coba gunakan campuran Belerang 1 kg, Kapur 1 kg dan Garam 1 kg (diusahakan garam yg beryodium) lalu dicampur dan diaduk dengan air 15 - 20 liter sampai semua larut. Kemudian di saring sampe tinggal airnya saja, jangan sampe ada gumpalan dalam air.. karena ini nanti di semprotkan di bekas wiwilan tumor tadi Pak. (Soalnya kalau masih ada gumpalan nanti malah nyumpel atau tersumbat di semprotan).

Setelah semua di semprotkan, sisa saringan tadi dibuat untuk melabur (atau mengecat) di seluruh batang sengonnya Pak.

Cara ini bukan untuk menyembuhkan tapi hanya mengurangi serangan tumor, setahu saya tumor di sengon ini memang belum ada obatnya.

Itu, kalau dari saya Pak.. semoga dapat membantu.. Salam Tani Link Pak Solichun..

Sumardi Brewok

Sumardi Brewok - 07:30:00 Kab. Boyolali, Jawa Tengah

Mohon maaf coba di beri dimik korek api /pentola korek api. Caranya pohon di paku sedalm 1_2 ctm trs dimik/korek di maksukan trs di tutup dengan lilin /tapi saya minta dengan sangat daunya jgn di buat malanan trnak ya

Download Aplikasi Android Tani Link melalui Google Playstore untuk ikut bertanya atau memberikan komentar di Forum Diskusi Tani Link

Download Tani Link