Login

Teknik Pemangkasan Kopi Arabika

Kopi
Bernatal Manurung

Bernatal Manurung - 12 Februari 2019 17:37:22

Sumatera Utara

Salam. Mohon masukannya untuk pemangkasan (pemotongan pucuk) kopi Arabika, setelah ketinghian berapa, dan di umur berapa? Mauliate.

Adhitya Hadi

Adhitya Hadi - 14 Februari 2019 09:21:17

Jawa Tengah

Salam kenal Bang Bernatal Manurung.. Mencoba untuk bantu menjawab.. Untuk pemangkasan pada tanaman kopi sebenarnya ada bermacam-macam jenis tergantung dari tujuan pemangkasan. Apakah untuk membentuk tanaman, meningkatkan produktivitas atau untuk peremajaan tanaman.

Sedangkan fungsi dari pemangkasan tanaman kopi adalah supaya pohon kopi tetap rendah sehingga mudah perawatannya (termasuk mempermudah proses panen), membentuk cabang-cabang produktif yang baru, mempermudah masuknya cahaya matahari dan mempermudah pengendalian hama dan penyakit.

Pangkasan juga dapat dilakukan selama panen sambil menghilangkan cabang-cabang yang tidak produktif, baik cabang liar yang muda maupun yang sudah tua. Cabang yang kurang produktif dipangkas agar (nutrisi) unsur hara dari tanah dapat tersalur kepada batang-batang yang lebih produktif (lebih baik menghasilkan buah daripada batang dan daun).

Tapi kalau melihat pertanyaaan dari Bang Bernatal Manurung (pemangkasan pada tanaman kopi pada ketinggian berapa dan pada umur berapa?). Menurut saya, pertanyaan anda lebih pada ke pemangkasan Bentuk dari tanaman kopi.

Jadi prinsip dasar dari pemangkasan bentuk adalah:
1. Menjaga supaya pohon tidak terlalu tinggi (tinggi ideal pohon 1,5 - 1,8 meter).
2. Agar pertumbuhan cabang-cabang samping lebih kuat dan panjang untuk mendukung pembuahan.
3. Cabang primer (batang tanam utama) teratas harus dipotong tinggi satu ruas.
4. Pilih 2 - 3 cabang sekunder (cabang dari batang primer) yang kuat dan letaknya menyebar pada setiap cabang primer untuk dipelihara, dan sisanya dipangkas.

Mungkin itu Bang Bernatal Manurung.. Semoga dapat membantu.. Salam.

Bernatal Manurung

Bernatal Manurung - 14 Februari 2019 17:26:24

Sumatera Utara

Thanks Pak Adhitya.
Aku memang menekankan di pemangkasan bentuk.
Akan dicoba sarannya.