Login

Kedelai lokal kalah dengan kedelai import

Pajale (Padi Jagung Kedelai)

ndaru - 01 November 2018 09:16:00

Jawa Tengah

Kenapa kedelai local kalah dengan kedelai impor dalam hal penerimaan di tingkat pengerajin tahu dan tempe?

admin

admin - 01 November 2018 16:07:14

Jawa Tengah

Perbedaan kedelai local dan kedelai impor dapat dilihat pada bentuk dan warna. Kedelai impor lebih seragam dalam ukuran dan warna. Sedangkan kedelai local cenderung tinggi tingkat perbedaan ukuran dan warna. Hal inilah yang menjadi penyebab mengapa pengerajin tahu dan tempe lebih cenderung memilih kedelai impor. Bagi pengerajin tahu dan tempe, kestabilan kualitas produk menjadi poin penting dalam kelangsungan usaha. Pilihan menggunakan kedelai impor lebih didasarkan pada alasan untuk menjaga kestabilan kualitas produk.

Selain itu, masih ada factor lain yaitu ketersediaan. Kedelai impor tersedia sepanjang tahun. Tetapi pada kedelai local, stok akan berlimpah pada musim panen, namun pada musim penghujan akan sulit mendapat pasokan kedelai. karena hampir seluruh lahan tanam kedelai menjadi lahan tanam padi. Hal inilah yang menjadi alasan kenapa kedelai impor lebih diterima. Karena pengerajin, harus menjaga kestabilan produktivitas mereka.

Pada akhirnya, nilai produk (perbandingan harga beli dengan kualitas dan kuantias yang didapat) yang menentukan tinggi rendahnya penerimaan jenis kedelai yang digunakan pengerajin produk kedelai.