Login

Benarkah Pupuk Menyehatkan Tanah?

25 Maret 2021 10:20:37 | Berita & Artikel

Mungkin saja. Salah satu tanda bahwa tanah sehat terlihat pada kesuburan tanaman yang tumbuh di atasnya. Ketika kita menambahkan pupuk pada tanah, kita bisa melihat tanaman tumbuh dengan subur. Tapi betulkah menyehatkan tanah cukup dengan memupuk?

Kesehatan tanah tidak semata-mata soal ada tidaknya unsur-unsur yang dibutuhkan oleh tanaman. Bahkan, bisa dibilang, ketersediaan nutrisi tersebut hanya bagian kecil dari apa yang dimaksud dengan tanah yang sehat.

Kesuburan tanah terdiri dari tiga hal yang saling berkaitan, yaitu sifat fisik tanah, kimia, dan biologis. Kesuburan secara fisik merujuk pada sifat fisik tanah, termasuk struktur, tekstur, kemampuannya menyerap dan menyimpan air, serta penetrasi akar. Kesuburan kimia melibatkan kandungan nutrien, tingkat keasaman, dan salinitas. Kesuburan biologis merujuk pada organisme yang hidup pada tanah atau pada materi organik dan berinteraksi dengan komponen-komponen lain.

Dari ketiganya, kondisi biologis tanah memegang peran paling penting. Tanah yang sehat adalah tanah yang hidup. Adanya kehidupan dalam dan pada permukaan tanah adalah yang membedakan tanah dari sekedar debu. Lumut, serangga, cacing, nematoda, jamur, bakteri, dan banyak makhluk hidup lainnya hidup pada tanah. Keberagaman ini menjadikan tanah sebagai ekosistem kecil dan penting untuk tanaman.

Yang lebih penting dari ada tidaknya mikroorganisme dan hewan kecil pada tanah, adalah interaksi yang terjadi antaranya dengan tanaman atau dengan komponen lain yang ada di tanah. Mikroorganisme tanah misalnya, memiliki peran vital untuk mengurai bahan organik, siklus nutrien, dan menyuburkan tanah. Tanpa siklus nutrien, tidak akan ada keberlanjutan kehidupan di bumi.

Mikroorganisme tanah juga penting untuk pembentukan struktur tanah yang sehat. Sejumlah mikroorganisme menghasilkan bahan semacam lendir yang membantu mengikat tanah. Sementara hewan kecil seperti semut dan cacing, membantu memperbaiki sirkulasi udara dan air dalam tanah, dengan membangun terowongan-terowongan. Kemudian, dalam siklus karbon, mikroorganisme dan hewan-hewan kecil berperan sebagai bahan maupun penghasil karbon. Ketersediaan karbon dalam tanah meningkatkan kesuburan tanah dan kapasitas tanah untuk menyimpan air.

Jadi, pupuk memang perlu untuk menyehatkan tanah, selama tidak mengganggu kelangsungan hidup mikroorganisme dan hewan – hewan kecil yang menghuni tanah.