Login

Aglonema Mulai Populer Lagi?

23 Juli 2020 16:36:41 | Berita & Artikel

Di tengah pandemi ini, ternyata bukan cuma bersepeda yang jadi tren. Budidaya tanaman hias kembali diminati beberapa bulan belakangan ini. Mungkin karena lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, orang mulai mencari kegiatan positif dan menenangkan seperti bertanam tanaman hias.

Salah satu yang paling dicari adalah Aglonema (Sri Rejeki). Di Pati, harga aglonema perlahan naik hingga mencapai jutaan rupiah. Naiknya harga aglonema bisa jadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan di masa pandemi ini.

Daya tarik aglonema terletak pada daunnya yang lebar dan memiliki warna unik. Tanaman hias yang juga disebut Sri Rejeki ini memiliki sekitar 30 jenis daun. Tapi yang paling dicari adalah aglonema dengan daun berwarna merah di tengah dan hijau pada ujungnya. Selain itu, tanaman ini dipercaya bisa menyerap polusi dari udara.

Tanaman ini menyukai tempat dengan sinar tidak langsunh, tidak terlalu terang, dan cukup lembab. Itu sebabnya tanaman ini sering ditemukan di hutan hujan tropis, dan cocok diletakkan di dalam ruangan. Jika terkena cahaya matahari langsung, warnanya akan pudar.

Meski menyukai kelembaban, aglonema tidak menyukai terlalu banyak air. Pastikan tanahnya bisa mengering dengan cepat. Selain itu, hindari menyirami aglonema terlalu sering. Umumnya, tanaman ini cukup disiram 3-4 hari sekali. Penyiraman berlebihan bisa menyebabkan akarnya membusuk. Supaya daunnya terlihar berkilau, lap daun secara berkala dengan air, lalu usap dengan ampas kelapa.(ssi)