Login

VLOG : Ternak Sapi Lokal di Kandang Komunal

17 Juli 2020 16:50:18 | Vlog

Memelihara ternak sapi adalah kegiatan yang cukup umum di wilayah pedesaan. Baik untuk usaha utama atau untuk investasi, peternak tentunya mengharapkan harga yang tinggi. Kesehatan sapi pastinya jadi pertimbangan utama untuk menentukan harga jualnya. Sapi yang sehat tentunya akan dihargai lebih tinggi.

Kebersihan kandang adalah salah satu yang mempengaruhi kesehatan ternak. Namun demikian, untuk peternak skala kecil, menyediakan kandang yang ideal menjadi tantangan tersendiri, baik karena biaya, waktu, ataupun tenaga kerja. Karena itu, sangat umum ditemui kandang-kandang sapi milik perorangan dibangun ala kadarnya dan terletak sangat dekat dengan rumah.

Kendala dalam mengelola kandang sapi bisa disiasati dengan membangun kandang sapi kelompok/komunal. Tidak hanya itu, kandang sapi komunal juga membuka potensi lebih besar untuk pemanfaatan limbahnya, seperti pupuk kandang dan biogas. Apa lagi keuntungan dari kandang sapi komunal?

Simak pengalaman Munadi mengelola kandang sapi komunal  milik kelompok yang diketuainya, Kelompok Tani Ternak Andini Lestari, Desa Lalung, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.