Login

VLOG : Usaha Jamur Super Pak Aris Ini Memilik Omset yang Fantastis!

19 Juni 2020 15:10:09 | Vlog

Usaha Jamur Super Pak Aris didirikan dengan skala kecil pada tahun 2007, dimana mereka masih sangat bergantung pada suplai baglog produksi industri lainnya. Ketergantungan ini menyebabkan usaha jamur tersendat karena produksi harus menunggu kiriman baglog (media tanam untuk jamur). Di sisi lain, permintaan jamur makin tinggi, baik untuk lokal maupun ekspor.

Tidak ingin melewatkan peluang tersebut, akhirnya pada tahun 2013 para pemilik memutuskan untuk mulai memproduksi baglog sendiri. Produksi baglog yang awalnya hanya sekitar 500 baglog per hari kini
mencapai 6000 baglog per hari, dan ikut memasok kebutuhan baglog untuk usaha jamur lainnya. Meski kondisi usaha tidak selalu baik, namun kegigihannya membuahkan hasil. Usaha Jamur Pak Aris berhasil membukukan omset hingga 300 juta per bulan.

Di saat banyak industri tergoncang akibat pandemi corona, usaha jamur ini tidak terkena imbas, seperti dituturkan Eko, pemilik Jamur Super Pak Aris, kepada Tanilink. Pada kesempatan yang sama, dia memperlihatkan beberapa tahap budidaya jamur di pabriknya.

Saksikan wawancara selengkapnya di liputan Tanilink TV