Login

Manfaat Daun Mint Yang Jarang Diketahui

22 November 2019 13:44:46 | Berita & Artikel

Daun mint (Mentha piperita L.) merupakan salah satu tanaman herbal aromatik penghasil minyak atsiri yang di sebut minyak permen (peppermint oil). Tentu tanaman ini tidak asing lagi bagi sebagian masyarakat karena hampir dapat dijumpai dimanapun baik dalam bentuk mentah ataupun dalam bentuk olahan. Karena kandungan zat-nya, tidak jarang daun mint digunakan untuk bahan dari berbagai macam produk olahan seperti minuman dengan rasa mint, obat kumur, pasta gigi, permen karet, hingga pengharum ruangan.

Dari macam-macam olahan produk tersebut, minuman adalah salah satu jenis produk yang paling banyak dikonsumsi karena dapat langsung diminum dan masuk ke dalam tubuh. Tapi dalam produk minuman, kebanyakan daun mint hanya dimanfaatkan sebagai perasa atau pemberi sensasi segar, sehingga jika dilihat dari segi manfaat tidak memberikan efek yang maksimal bagi kesehatan tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat yang optimal lebih baik mengonsumsi daun mint secara langsung yang diolah sendiri. Dalam pembuatannya tidak memerlukan banyak bahan dan dapat dilakukan dimanapun. Berikut adalah cara pengolahan daun mint dan manfaat mengonsumsi daun mint yang jarang diketahui

  1.  Mempercepat proses pencernaan makanan
    Setelah mengonsumsi makanan terutama dengan porsi besar, biasanya tubuh akan merasakan nyeri dan begah pada bagian perut. Dengan mengonsumsi air mint sesaat setelah makan besar, rasa nyeri dan begah pada perut dapat berkurang karena daun mint membantu mengeluarkan cairan empedu dari kantung empedu, yang dapat membantu pencernaan lebih cepat dalam memroses makanan dan sifat anestesianya dapat mengurangi rasa nyeri pada perut. Cara pembuatannya cukup masukan beberapa daun mint kedalam secangkir air hangat atau air dingin yang lalu didiamkan selama kurang lebih 5-10 menit sebelum diminum.

  2. Menghilangkan bau mulut dan merawat kesehatan gigi
    Bau mulut menjadi masalah serius yang harus segera diatasi karena dapat mengganggu kenyamanan berbicara saat berkomunikasi, baik dari si penyampai pesan maupun penerima pesan. Mengonsumsi daun mint terbukti mampu menghilangkan bau mulut. Kandungan menthol dan antiseptik pada daun mint dapat membunuh kuman dan jamur penyebab bau mulut. Untuk menghilangkan bau mulut dan merawat kesehatan gigi, daun mint dapat dikonsumsi dengan cara melakukan kumur dengan air mint yang sudah didiamkan kurang lebih 10 menit yang kemudian dilakukan kumur 4-5 kali. Selain dengan kumur dapat digunakan cara lain, yaitu dengan mengunyah daun mint yang sudah dibersihkan secara langsung. Untuk mendapatkan hasil yang optimal kegiatan ini harus dilakukan secara rutin, minimal sehari sekali.

  3. Mengurangi stres
    Bagi sebagian besar orang, stres menjadi momok tersendiri karena dapat memperngaruhi produktivitas terutama dalam dunia kerja. Stres dapat dikurangi dengan mengonsumsi daun mint. Selain dengan cara di minum, menghirup aroma tanaman mint juga mampu menghilangkan stres, bahkan juga mengurangi tingkat frustasi dan kecemasan. Sebaiknya tanaman mint diletakan di meja kerja sehingga aroma daun mint dapat terus terhidup untuk menurunkan tingkat stres anda.

  4. Melindungi kulit dari radikal bebas dan sinar UV
    Cuaca ekstrim dan lingkungan yang penuh dengan polusi dapat menyebabkan timbulnya berbagai masalah kulit jika tidak segera di atasi. Perlu adanya perawatan dari dalam untuk memaksimalkan kesehatan kulit salah satunya dengan cara mengonsumsi daun mint. Kandungan vitamin A, C, Folat, dan Omega-3 merupakan zat utama dalam menyegarkan kulit agar terlindung dari radikal bebas. Selain itu, daun mint dapat digunakan sebagai scrub kulit untuk mengangkat sel-sel kulit mati dengan cara menyampurkan tumbukan daun mint dengan minyak zaitun dan sedikit air garam sebelum nantinya di oleskan secara merata pada bagian kulit. (kls)