Login

Peluang Usaha : Raup Untung Dari Harumnya Mawar

14 November 2019 13:05:47 | Berita & Artikel

Mawar adalah suatu jenis tanaman semak dari genus Rosa sekaligus nama bunga yang dihasilkan oleh tanaman ini. Mawar merupakan tanaman hias yang mudah ditemui di pasaran karena kepopulerannya dikalangan masyarakat yang didukung juga dengan tingkat produksi yang cukup tinggi. Produksi mawar ditahun 2018 menurut data BPS mencapai 202.065.050 tangkai per tahun yang meningkat sebesar 17,61 juta tangkai dari tahun 2017.

Dari angka-angka ini, Jakarta menjadi kota dengan serapan bunga terbesar dengan omzet dan peredaran uang mencapai 25,8 miliar per tahun. Bahkan tidak jarang permintaan tanaman hias mawara datang dari negara-negara di Asia dan Eropa. Kecantikan dan banyaknya manfaat yang diperoleh dari mawar menyebabkan bunga ini tidak pernah kehilangan pasarnya.

Di Indonesia sendiri rata-rata bunga mawar masih diperjualbelikan secara mentah atau dengan kata lain tidak diolah menjadi sebuah produk unggulan sehingga memiliki nilai jual rendah, hanya dikisaran harga 3000 rupiah per tangkainya. Padahal, bunga mawar bisa memiliki nilai jual tinggi jika diolah dengan sentuhan kreatifitas. Banyak cara bisa dilakukan untuk  meningkatkan nilai jual bunga mawar, salah satunya dengan mengreasikannya menjadi karangan bunga atau buket bunga.

Jika dilihat dari pasarnya cukup menjanjikan karena pelaku bisnis buket bunga bisa dikatakan masih sedikit jika dibandingkan dengan permintaan pasar yang terus berkembang. Selain itu bahan  baku produksi mudah dicari dengan harga terjangkau. Contoh pasar untuk buket bunga adalah hadiah pemberian untuk ulang tahun, peringatan hari-hari tertentu, acara wisuda, pesta, sampai pernikahan. Berikut adalah analisis usahanya.

Biaya Tetap
biaya tetap

Biaya Variabel
biaya variabel
Total Biaya Produksi

= Biaya Tetap + Biaya Variabel
= 300 + 19.000
= 19.300

19.300 merupakan biaya yang diperlukan untuk sebuah pengerjaan buket bunga mawar. Harga jual buket bunga mawar di pasaran berdasarkan kebutuhan diatas, rata-rata adalah 35000. Sehingga dapat dihasilkan :

Laba
=  Harga Jual – Biaya Produksi
=  35.000 – 19.300
= 15.700

Jadi laba yang diperoleh kurang lebih 15.700 per buketnya. Bahkan, harga bisa meningkat hingga mencapai angka 75.000-100.000 lebih, sesuai dengan kreatifitas pembuatan buket bunga, pemilihan warna dan kualitas pembungkus bunga, serta banyaknya varian bunga yang digunakan. (kls)